Langsung ke konten utama

Begini Cara Mengatasinya Jika Dari Sepatu Flat Tercium Bau Tak Sedap

Secara teoretis jarang sepatu flat berbau tak sedap, tetapi dalam beberapa kasus bisa saja terjadi


Sepatu flat berbau tak sedap sebenarnya jarang terjadi apabila menjadi salah satu koleksi wanita yang menyukai fashion. Alasannya, para wanita ini sangat memperhatikan penampilan mereka, karena itu kebersihan seluruh bagian kaki sampai pada sandal dan sepatu pun akan selalu terjaga dengan baik. Perilaku tersebut meminimalisir kemungkinan terakumulasinya keringat dan kotoran yang kemudian bereaksi terhadap bakteri sehingga menimbulkan bau tak sedap.

Cara Mengatasi Sepatu Flat Berbau Tak Sedap

Selain itu konstruksi sepatu flat umumnya memiliki vamp rendah dan terbuka, hal ini membuat sirkulasi udara lebih lancar dan menjaga sepatu dalam keadaan kering. Meskipun demikian bukannya tidak mungkin dalam situasi tertentu pengguna sepatu flat harus memakainya seharian penuh dengan aktivitas yang tinggi, maka kemungkinan munculnya bau tak sedap pun bisa terjadi.

Situasi tersebut tidak hanya membuat pemiliknya merasa kurang nyaman, tetapi juga mempengaruhi rasa percaya diri apabila memakainya untuk suatu kegiatan yang melibatkan banyak orang. Jika kebetulan masalah ini menimpa Anda, bagaimana cara mengatasi sepatu flat berbau tak sedap dan mengantisipasi agar selanjutnya tak terjadi lagi masalah yang sama ?

Pahami dulu, dari mana asal bau tak sedap itu


Sepatu yang berbau tak sedap tidak terjadi dengan sendirinya. Misalnya Anda membeli sepatu baru kemudian menyimpannya sampai bertahun-tahun tanpa pernah dipakai, saat Anda buka dari kotaknya maka kondisinya tetap sama seperti pada saat Anda membelinya. Sepatu bisa berbau tak sedap setelah berinteraksi dengan kaki penggunanya. Artinya, bau tak sedap itu berasal dari kaki penggunanya.

Saat Anda melakukan suatu kegiatan maka tubuh akan mengeluarkan keringat. Semakin keras kegiatan fisik tersebut maka akan semakin banyak pula keringat yang dikeluarkan. Begitu pula kondisi yang terjadi pada telapak dan sela-sela jari kaki Anda, apalagi jika Anda menggunakan booties dengan style closed toe yang serba tertutup. Ketika aktivitas Anda sudah selesai, keringat di badan Anda akan mulai mengering, tetapi kondisi dalam sepatu bukannya mengering melainkan berubah menjadi lembab.

Keringat yang keluar dari tubuh, termasuk telapak dan sela-sela jari kaki merupakan komposisi dari Na, Cl, dan k yang sebenarnya tidak mengeluarkan bau. Masalahnya baru muncul ketika disana terdapat imigran gelap yang bernama bakteri actynomycetes. Habitat bakteri ini biasanya di tanah, ada juga yang hidup di tumbuhan dan hewan sebelum menjadi imigran gelap di dalam sepatu flat.

Pada saat keringat tercampur dengan bakteri tersebut, maka akan terjadi proses penguraian lemak dan protein dari keringat sehingga menghasilkan senyawa asam yang menyebabkan bau tak sedap. Senyawa ini sebenarnya dapat menguap jika terkena udara kering, tetapi karena berada di lokasi tertutup justru semakin terakumulasi. Indikasinya bukan hanya tercium sebagai bau tak tsedap, tetapi menyengat.

Kasus ini paling sering terjadi pada sepatu pria terutama mereka yang menggunakan kaus kaki. Sepatu dan kaus kaki yang lembab oleh keringat, lebih lagi jika saat memakai kaus kaki telapak dan sela-sela jari kaki dalam keadaan kurang bersih, maka kondisi tersebut menjadi tempat paling ideal untuk proses terjadinya senyawa asam.

Pencegahannya adalah sering mengganti kaus kaki, karena sedikit kotoran pada kaus kaki bisa saja ditumpangi oleh bakteri actynomycetes. Untuk mencegah kelembapan, jangan memakai sepatu atau kaus kaki di saat kaki masih basah. Sedangkan untuk meminimalisir kelembapan, sering-seringlah melepas sepatu jika sedang duduk agar terjadi sirkulasi udara dalam sepatu.

Dalam hal ini bahan sepatu juga bisa ikut berkontribusi. Misalnya, sepatu yang terbuat dari kulit sintetis bagi pemakainya akan terasa lebih panas sehingga bisa menyebabkan lebih banyak mengeluarkan keringat. Sepatu yang berbahan kulit asli akan terasa lebih dingin karena memiliki pori-pori yang membantu sirkulasi udara. Sedangkan sepatu yang berbahan kanvas atau denim akan terasa jauh lebih dingin.

Cara mengurangi keringat kaki penyebab sepatu berbau tak sedap


Cara Mengatasi Sepatu Flat Berbau Tak Sedap
Bahan-bahan alami untuk mengurangi keringat kaki yang berlebihan

Terlepas dari faktor eksternal tersebut, setiap individu mengeluarkan jumlah keringat yang berbeda-beda meskipun menggunakan model sepatu yang sama dan melakukan kegiatan yang sama. Berikut beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi keluarnya jumlah keringat yang berlebihan dengan cara merendam kaki dalam ait yang sudah diberi campuran :

Teh hijau
Teh hijau ternyata tidak hanya bisa melangsingkan badan, tetapi juga bisa mengurangi keluarnya keringat secara berlebihan pada kaki. Caranya : Sobek 5 sachet Teh Hijau celup. Masukkan serbuk teh hijau ke dalam ember berisi air dingin setinggi pergelangan kaki. Aduk-aduk sampai merata dan gunakan untuk merendam kaki selama kurang lebih 30 menit. Lakukan setiap hari selama seminggu, jika sudah menampakkan hasil maka pada minggu kedua bisa dilakukan dua hari sekali. Begitu seterusnya sampai

Cuka Apel
Tuangkan cuka apel dalam ember yang berisi air hangat dengan perbandingan 1/2 cangkir cuka apel untuk 1/4 liter air. Rendam kaki kedalam larutan air-cuka tersebur selama kurang lebih 30 menit. Selanjutnya lakukan seperti merendam kaki dengan teh hijau.

Garam
Campurkan garam dan air dengan perbandingan 1 sendok makan garam untuk 1/2 liter air, bisa menggunakan air hangat atau dingin. Rendam kaki kedalam larutan air dan garam selama kurang lebih 30 menit. Jangan bilas kaki tapi biarkan sampai kering sengan sendirinya. Untuk jadual perendaman selanjutnya  lakukan seperti merendam kaki dengan teh hijau.

Cara tradisional mengurangi keringat berlebihan dengan merendam kaki yang dicampur teh hijau, cuka apel atau garam tersebut masing-masing memiliki tingkat efektivitas yang berbeda-beda untuk setiap invividu. Tetapi secara umum efek yang diharapkan bisa diperoleh apabila dilakukan secara rutin, sehingga sumber potensial terjadinya senyawa asam dapat ditekan secara optimal.

Cara mengatasi bau tak sedap pada sepatu


Cara Mengatasi Sepatu Flat Berbau Tak Sedap
Koran bekas, bubuk kopi, baking soda dan kulit jeruk untuk menghilangkan bau pada sepatu

Sedangkan untuk menghilangkan akumulasi senyawa asam yang yang masih mengendap dalam sepatu dan kemudian tercium sebagai bau tak sedap dapat dilakukan dengan bantuan beberapa bahan yang mudah didapat, yakni dengan menggunakan :

1.  Koran bekas
Koran bekas juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu. Koran yang dibuat dari kertas CD menyimpan banyak kandungan karbon yang berasal dari tinta cetak. Caranya, bersihkan dan keringkan sepatu yang berbau, sumpal bagian dalamnya dengan kertas koran yang diremas-remas, setelah itu bungkus sepatu tersebut dengan kertas kotan yang masih tersisa. Simpan paling sedikit selama semalam.

2. Bubuk kopi
Bersihkan dan keringkan dulu sepatu Anda, khususnya di bagian dalam yang mengeluarkan bau tak sedap. Ambil satu sendok makan bubuk kopi dan bungkus dengan kertas tissue, karena tissue memiliki pori-pori halus yang mudah ditembus udara. Buat dua bungkus, masing-masing untuk sepatu sebelah kiri dan kanan. Kemudian masukkan bungkusan kopi tadi ke dalam sepatu dan biarkan selama sedikitnya semalam agar dapat menyerap habis batu tak sedap dari bagian dalam sepatu.

3.  Baking powder atau soda kue
Baking powder, disebut juga baking soda atau soda kue yang biasa digunakan untuk mengembangkan adonan roti juga dapat digunakan sebagai penyerap bau tak sedap dari dalam sepatu. Setelah sepatu dibersihkan dan dikerinbgkan, taburi bagian dalam dengan soda kue secukupnya. Diamkan selama satu malam, setelah itu bisa dibersihkan dan menyikat sisa-sisa soda kue dari dalam sepatu. Tetapi cara ini sebaiknya tidak digunakan untuk sepatu yang dibuat dari bahan sintetis, karena dikhawatirkan bisa menimbulkan reaksi yang berakibat kerusakan pada permukaan kulit.

4. Kulit jeruk
Cara yang paling mudah dan murah apabila bertepatan dengan musim jeruk adalah dengan memanfaatkan kulit jeruk. Caranya tak berbeda dengan sebelumnya. Hanya saja hasilnya akan lebih optimal jika kulit jeruk yang digunakan masih dalam keadaan segar.

Cara menghilangkan bau sepatu masa kini :  gunakan Shoe Deodorant


Selain beberapa cara untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu dengan memanfaatkan bahan-bahan yang bisa didapat dari dalam rumah, kini tersedia perangkat yang didesain secara khusus untuk menyerap kelembapan yang berpotensi menimbulkan bau tak sedap. Sesuai fungsinya perangkat ini disebut Shoe Deodorant.

Cara Mengatasi Sepatu Flat Berbau Tak Sedap
Shoe deodorant untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu

Cara Mengatasi Sepatu Flat Berbau Tak Sedap
Shoe deodorant berisi karbon aktiv pembunuh bakteri dan kuman

Cara Mengatasi Sepatu Flat Berbau Tak Sedap
Lebih praktis menggunakan Shoe deodorant untuk mencegah timbulnya bau pada sepatu

Meskipun untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu bisa dilakukan secara murah, dan bahkan gratis karena bahannya mudah diperoleh, tetapi tidak akan menjamin sepatu Anda bebas dari bau tak sedap. Masalahnya, Anda tidak akan bisa terus menerus membungkus sepatu yang baru saja Anda pakai dengan kertas koran.

Anda juga tidak mungkin setiap hari membungkus kopi dengan kertas tissue, menabur soda kue pada sepatu yang baru saja Anda pakai atau mengumpulkan kulit jeruk. Apalagi jika sedang tidak musim jeruk. Berbeda jika menggunakan shoe deodorant, dengan produk yang dirancang secara khusus untuk mencegah timbulnya bau tak sedap dari sepatu ini, Anda tinggal memasukkan ke dalam sepatu tanpa ribet.

Deodorant khusus sepatu ini dirancang tidak hanya untuk menghilangkan bau tak sedap, bahannya dari karbon aktiv juga dapat membunuh barkteri dan kuman yang mungkin bersembunyi dalam sepatu. Dengan desain menarik dan ergonomis, shoe deodorant dijual per unit terdiri dari dua buah, satu untuk sepatu sebelah kanan dan satunya lagi untuk sepatu sebelah kiri.

Cara Mengatasi Sepatu Flat Berbau Tak SedapHarga shoe deodorant ini terbilang murah dibandingkan dengan manfaatnya. Ingin tahu ? Klik gambar Shoe Deodorant di sebelah kanan ini. Anda akan masuk ke etalase untuk mencek harga sambil melihat-lihat produk fashion lainnya.

Selanjutnya untuk menghindari terulangnya sepatu mengeluarkan bau tak sedap, pelihara kesehatan kaki dengan selalu menjaga kebersihan kaki mulai dari tumit hingga sela-sela jari kaki dan rawat baik-baik setiap kuku jari kaki secara rutin. Sedangkan untuk sepatu Anda, bersihkan setiap kali habis dipakai dan jangan tergesa-gera menyimpan sebelum sepatu benar-benar bersih dan kering. Jangan lupa masukkan shoe deodorant !

Tags : cara-mengatasi-sepatu-flat-berbau-tak-sedap



Artikel terkait : Begini Cara Mengatasi Sepatu Flat Berbau Tak Sedap
Flat Shoes Sepatu Masa Depan
Sepatu Flat Pilihan Wanita
Sepatu Flat Mendominasi Kaki Wanita
Flat Shoes 2015 Masih Modis
Pemakaian Sepatu Flat Shoes untuk Wanita
Trend Sepatu Flat Bertali
Inilah Untungnya Memilih Sepatu Flat Hitam


Referensi “Begini Cara Mengatasi Sepatu Flat Berbau Tak Sedap” : 
01. Cara Menghilangkan Bau Sepatu yang Menyengat
02. Cara Mengatasi dan Mencegah Timbulnya Bau Pada Sepatu
03. Sepatu Mengeluarkan Bau Tidak Sedap? Kenali Sebab-sebabnya, Lalu Atasi
04. Bakteri

Postingan populer dari blog ini

Sepatu Flat Jadi Pilihan Wanita

Disukai karena flat bisa digunakan di berbagai kesempatan
Sepatu flat wanita adalah sepatu yang paling disukai oleh para wanita. Dari banyaknya jenis sepatu yang bisa digunakan oleh wanita. Ada begitu banyak alas kaki yang bisa digunakan oleh para wanita, mulai dari sandal hingga sepatu. Penggunaan sepatu ini bisa untuk kegiatan sehari-hari, kegiatan santai hingga acara formal. Sepatu juga adalah bagian dari jati diri seorang wanita.

Untuk menjaga penampilan tetap menarik, sepatu ini akan dipilih sebaik mungkin. Selain pakaian dan tas, penggunaan sepatu merupakan salah satu bagian penting yang akan sangat diperhatikan saat membentuk suatu penampilan. Dalam perkembangannya, sepatu flat masa kini lebih banyak memiliki penampilan yang diaplikasi dengan berbagai model dan style sehingga nampak lebih menarik dan stylish dibandingkan dengan model-model flat di masa lalu.
Model Sepatu Untuk Wanita

Ada berbagai macam model sepatu yang bisa digunakan untuk wanita. Mulai dari sepatu yang bisa d…

Trend Sepatu Flat Bertali

Sepatu flat bertali yang kini jadi trend sudah dipakai prajurit Romawi sebelum tahun Masehi
Sepatu flat bertali merupakan style yang populer dalam dunia fashion menjelang dimasukinya tahun 2015. Sebelumnya model ini sudah dihadirkan pada fashion week  di kota-kota pusat mode dunia, hanya saja belum mendapat respon memadai dari penyuka fashion. Selama tahun 2015 model sepatu ini mulai menuai banyak perhatian, sampai memasuki tahun 2016 boleh dibilang sepatu flat bertali atau flat lace up mencapai puncak popularitas karena menjadi trend sepatu fashion.

Para desainer kemudian saling memacu kreativitas untuk mendesain flat bertali yang paling cantik, stylish dan tentu saja memiliki penampilan yang berbeda. Tetapi konstruksi dasar sepatu flat bertali ini yang terinspirasi oleh sepatu para prajurit Romawi kemudian berkembang tidak hanya berbasis pada jenis sepatu hak datar, melainkan memiliki bermacam jenis hak tinggi, mulai dari wedges sampai chunky heels.


Sepatu flat bertali atau flat lac…