Langsung ke konten utama

Trend Sepatu Flat Bertali

Sepatu flat bertali yang kini jadi trend sudah dipakai prajurit Romawi sebelum tahun Masehi


Sepatu flat bertali merupakan style yang populer dalam dunia fashion menjelang dimasukinya tahun 2015. Sebelumnya model ini sudah dihadirkan pada fashion week  di kota-kota pusat mode dunia, hanya saja belum mendapat respon memadai dari penyuka fashion. Selama tahun 2015 model sepatu ini mulai menuai banyak perhatian, sampai memasuki tahun 2016 boleh dibilang sepatu flat bertali atau flat lace up mencapai puncak popularitas karena menjadi trend sepatu fashion.

Sepatu flat bertali

Para desainer kemudian saling memacu kreativitas untuk mendesain flat bertali yang paling cantik, stylish dan tentu saja memiliki penampilan yang berbeda. Tetapi konstruksi dasar sepatu flat bertali ini yang terinspirasi oleh sepatu para prajurit Romawi kemudian berkembang tidak hanya berbasis pada jenis sepatu hak datar, melainkan memiliki bermacam jenis hak tinggi, mulai dari wedges sampai chunky heels.


Sepatu flat bertali
Beragam penampilan sepatu flat bertali yang membuat banyaknya pilihan untuk penyuka fashion

Sepatu flat bertali atau flat lace up mencerminkan siklus fashion yang terus berlangsung dari masa ke masa, khususnya flat bertali dengan style yang populer saat ini merupakan siklus yang sudah dimulai pada awal tahun masehi di saat kejayaaan kekaisaran Romawi. Di masa tersebut flat bertali dipakai oleh para prajurit sebagai bagian dari kelengkapan seragam mereka.

Flat bertali sepatunya para prajurit Romawi


Flat bertali yang juga dipakai oleh para gladiator adalah salah satu mata rantai dari proses perkembangan sejarah sepatu. Dari tahun ke tahun sejalan dengan perkembangan peradaban manusia, model sepatu tersebut telah mengalami berbagai modifikasi disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan teknologi pada setiap jamannya masing-masing.

Sepatu flat bertali
Penampilan lace-up flat masa kini yang tak berbeda dengan 2000 tahun lalu

Sepatu flat bertali yang kini kembali populer telah menjalani berbagai proses perbaikan dari masa le masa. Proses tersebut, tentu saja berlangsung dalam tingkat kepekaan fashion yang berbeda didukung oleh teknologi mutakhir, baik dari bahan yang digunakan atau dalam cara produksinya. Saat ini flat bertali sudah mengalami banyak modifikasi dan sentuhan estetik untuk memenuhi tuntutan dunia fashion.

Selain penampilan flat lace up masa kini yang lebih fashioned, lace up juga diaplikasi dengan model sepatu hak tinggi, mulai low heels, mid heels hingga high heels. Bahannya pun dikombinasi dari berbagai material yang tidak bisa ditemukan dijaman Kekaisaran Romawi. Sehingga seandainya para prajurit Romawi itu bisa menyaksikan hasil desain flat bertali masa kini, mereka akan menganggapnya sebagai sepatu dewi Venus, Vesta, Minerva dan lain-lain seperti yang terdapat dalam mitologi Romawi.  

Flat shoes bertali di masa kini


Sepatu flat bertali masa kini tak banyak berbeda dengan 2000 tahun yang lalu, sepatu ini memiliki karakteristik dengan memberi ruang terbuka pada seluruh bagian kaki. Solnya benar-benar berfungsi untuk melindungi telapak kaki. Di dunia fashion flat lace up merupakan alas kaki yang paling tepat dipakai untuk musim semi dan panas dimana diperlukan lebih banyak udara segar pada seluruh bagian kaki untuk mengurangi keringat dan hawa panas.

Flat lace up juga menjadi sepatu yang cocok untuk dipakai saat transisi dari musim gugur ke musim dingin. Dipadukan dengan sweater tebal dan skinny jeans atau mini skirt akan secara optimal memberikan efek tampilan feminin. Sedangkan untuk paduan busana resmi, sebaiknya memilih flat shoes dengan sedikit belitan tali dan pilihlah warna hitam. Pilihan ini tak akan menimbulkan efek mengurangi penampilan resmi.

Sepatu flat bertali atau lace-up flat
Sepatu flat bertali  lebih serasi dipadukan dkinny atau mini skirts

Di pasar fashion terdapat banyak variasi sepatu flat bertali, mulai dari tali yang hanya sebatas pergelangan kaki sampai ke atas betis. Model yang diaplikasikannya juga berrmacam-macam, sama halnya dengan konstruksinya yang benar-benar menggunakan flat tanpa hak sampai yang mengadopsi hak tinggi. Ada pula yang flat lace up yang didesain menggunakan tali lebih banyak, sebaliknya ada yang didesain lebih banyak vamp dengan rangkaian tali yang hanya membutuhkan satu putaran untuk mengikatkannya pada pergelangan kaki.

Tags : sepatu-flat-bertali



Artikel terkait : Beragam Pilihan dari Flat Shoes 2015
Pemakaian Sepatu Flat Shoes untuk Wanita
Inilah Untungnya Memilih Sepatu Flat Hitam
Flat Shoes Sepatu Masa Depan
Sepatu Flat Pilihan Wanita
Sepatu Flat Mendominasi Kaki Wanita
Flat Shoes 2015 Masih Modis
Begini Cara Mengatasi Sepatu Flat Berbau Tak Sedap


Referensi dan foto artikel “Sepatu Flat Mendominasi Kaki Wanita” : 
01. Lace Up Flats Transitioning From Fall To Winter
02. How to Wear It: Lace-up Flats
03. Roman soldier

Postingan populer dari blog ini

Sepatu Flat Mendominasi Kaki Wanita

Flat jenis sepatu yang paling banyak digunakan Sepatu flat hingga kini masih tetap menjadi salah satu item yang wajib dimiliki oleh wanita. Wanita tanpa sepatu ini ibarat sayur tanpa garam. Penampilannya jadi kurang menonjol kalau tidak menggunakan sepatu. Berbagai macam alas kaki mungkin beredar di masyarakat. Namun, sepatu adalah hal yang wajib dimiliki oleh setiap wanita, terutama sepatu flat wanita. Karena sepatu ini bisa digunakan oleh wanita dengan berbagai usia dengan bahan-bahan yang juga disesuaikan. Sehingga hal ini membuat sepatu flat menjadi salah satu jenis alas kaki yang perlu dimiliki oleh setiap wanita, bahkan yang biasa tampil maskulin sekalipun. Sepatu tidak hanya digunakan sebagai alas kaki khusus untuk wanita. Berbagai model dan jenis sepatu dibuat untuk memenuhi kebutuhan para pembelinya. Model dan jenis ini juga sangat beragam. Beberapa jenis sepatu bisa digunakan oleh wanita dan juga pria, seperti sneakers. Model sepatu yang menggunakan hak datar

Pemakaian Sepatu Flat Shoes untuk Wanita

Tak kalah dengan sepatu high heels, flat shoes juga bisa dipakai wanita untuk berbagai kesempatan Sudah tidak mengherankan lagi apabila dari sekian banyak jenis sepatu wanita, sepatu hak datar atau flat shoes adalah jenis alas kaki yang paling nyaman dan mudah untuk digunakan. Sepatu ini juga akan meminimalisir rasa sakit yang mungkin dirasakan saat menggunakan sepatu wanita. Sepatu wedges, stiletto atau sepatu yang memiliki hak tinggi akan memberikan tekanan yang tak seimbang pada bagian kaki sehingga apabila dalam pemakaian yang lama kaki akan terasa sakit. Berbeda dengan flat shoes, meskipun dipakai dalam waktu yang lama, kaki akan terasa nyaman dan tidak mudah sakit. Karena itu banyak wanita yang menggunakan flat shoes dalam kegiatan sehari-hari. Apalagi flat shoes masa kini sudah banyak berbeda jika dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Para desainer telah merancang penampilan sepatu ini menjadi lebih stylish dan elegan, sehingga bisa digunakan untuk berbagai kesemp

Begini Cara Mengatasinya Jika Dari Sepatu Flat Tercium Bau Tak Sedap

Secara teoretis jarang sepatu flat berbau tak sedap, tetapi dalam beberapa kasus bisa saja terjadi Sepatu flat berbau tak sedap sebenarnya jarang terjadi apabila menjadi salah satu koleksi wanita yang menyukai fashion. Alasannya, para wanita ini sangat memperhatikan penampilan mereka, karena itu kebersihan seluruh bagian kaki sampai pada sandal dan sepatu pun akan selalu terjaga dengan baik. Perilaku tersebut meminimalisir kemungkinan terakumulasinya keringat dan kotoran yang kemudian bereaksi terhadap bakteri sehingga menimbulkan bau tak sedap. Selain itu konstruksi sepatu flat umumnya memiliki vamp rendah dan terbuka, hal ini membuat sirkulasi udara lebih lancar dan menjaga sepatu dalam keadaan kering. Meskipun demikian bukannya tidak mungkin dalam situasi tertentu pengguna sepatu flat harus memakainya seharian penuh dengan aktivitas yang tinggi, maka kemungkinan munculnya bau tak sedap pun bisa terjadi. Situasi tersebut tidak hanya membuat pemiliknya merasa kurang nya